- Jurnalisme yang melibatkan dalam pencarian dan pengolaan informasi.
- Jurnalisme warga : Jurnalisme yang menempatkan warga sekarang sebagai subject.
- Medium Jurnalisme Warga??
1. Radio, televisi melakukan interaktifdengan audience.
2. Video atau Audio dari audience
3. Online media
4. Blog, twitter
- Fungsi media
- Ruang Public : ruang yang hanya relevan uantuk membicarakan urusan sosial bersama dan dibicarakan bersama-sama
- Institusi Sosial : media didirikan untuk memberikan informasi kepada masyarakat (mengembangkan kepentingan public)
- Isi Media sebagai ruang public
1. Berita (Ruang Public)
· Berita (dalam berbagai format)
· Wawancara
· Talk Show
Parameter
· Nilai berita
· Kode etik
2. Non berita (Ruang Privat?)
· Opini
· Surat pembaca
· Iklan
Parameter
· Kepantasan ruan publik
· Profesionalitas
· Kode etik
- Nilai berita (News Value)
1. Akutualitas
2. Akurasi
3. Keberimbangan
4. Relevansi public
5. Prominensi
6. Magnitude
7. Proksimitas
8. Kompetensi sumbaer
9. Konflik
- Kode Etik Jurnalisti
1. Berita tidak boleh berprasangka
2. mengandung konfirmasi
3. tidak sarkastis, sadistis, pornografis
4. menggunakan bahasa yang benar
- Apakah jurnalisme warga tidak dilakukan berdasarkan nilai-nilai berita dan kode etik?
- Dilema Jurnalisme Warga
1. Kecepatan vs kelengkapan dan kedalaman.
2. Partisipasi vs Esensi/kualitas jurnalistik.
3. Ruang privat vs ruang publik.
4. Urusan privat vs urusan publik
- Urgensi Jurnalisme Warga
1. Keterlibatan ruang untuk partisipasi pol. Warga
2. Pemberitaan media yang elitis : tidak banyak menyentuh urusan-urusan masyarakat di akar rumput.
3. pemilihan sumber berita pada pemberitaan media yang melulu berorientasi kepada sumber-sumber elit : Pemerintah, DPR, Pakar, Intelektual.
- Autisme Media
1. Media yang asik dengan dirinya sendiri
2. menentukan skala prioritas pemberitaan pertama-tama bedasarkan agenda, nilai.
3. media yang tidak benar
- Apa yang perlu dilakukan :
Siapapun pelaku jurnalisme warga harus memahahi benar kode etik jurnalisme.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar